Blog and News

20 April 2023 Adisty Fachrani Santoso

Anti Affinity: Solusi Memaksimalkan Efisiensi Workload

Untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya, kinerja, mencapai skalabilitas, memotong biaya, efisiensi workload harus dimaksimalkan. Pengelolaan workload secara efisien sangat penting untuk memperoleh keunggulan kompetitif dan kinerja operasional tinggi dalam lingkungan yang kompleks dan dinamis. Anti-affinity merupakan solusi yang hadir untuk memudahkan pengelolaan workload dengan efisien. Tetapi, apakah Anda tahu apa yang dimaksud anti-affinity? Simak artikel di bawah ini untuk cari tahu informasi lebih lanjut terkait solusi ini!

Apa Itu Affinity?

Affinity adalah kemampuan pengguna untuk mengungkapkan penempatan yang diinginkan pada beban kerja tertentu berdasarkan keadaan lingkungan runtime saat itu. Berlawanan dengan constraints, alokasi akan tetap dilakukan jika kondisi affinity yang ditentukan tidak dapat dipenuhi oleh penjadwal. Hal ini memungkinkan pengguna menyesuaikan algoritma penjadwalan secara tepat dalam rangka mengoptimalkan kinerja aplikasi atau penggunaan kluster.

Apa Itu Anti-Affinity?

Mirip seperti affinity, strategi ini memungkinkan tugas memberi sinyal jika ingin menjauh dari node tertentu. Spesifikasi yang sama digunakan untuk keduanya, tetapi bobot negatif lebih diterapkan dibandingkan dengan bobot positif. Anti-affinity adalah strategi penempatan beban kerja yang tidak mengizinkan pekerjaan cadangan berada di bagian infrastruktur yang sama, dimana terjadinya gangguan akan menyebabkan pekerjaan tersebut menjadi tidak dapat diakses. 

Mengapa Pengelolaan Workload Memerlukan Anti-Affinity Rule? 

Strategi penempatan beban kerja pada esensinya, tidak memperbolehkan pekerjaan cadangan atau backup berada dalam infrastruktur yang sama untuk menghindari pekerjaan tersebut tidak dapat diakses. Anti-affinity rules dipakai untuk memisahkan instance atau komponen yang saling berkaitan agar bisa beroperasi di berbagai host guna mencapai pengelolaan workload yang optimal. Akibatnya, sistem komputasi terdistribusi dengan baik, mengoptimalkan ketersediaan, kinerja, kesiapan data lebih efisien serta pemulihan bencana yang lebih mudah. Sumber daya dan infrastruktur menjadi jauh lebih mudah dilihat, yang kemudian membantu membuat keputusan tepat terkait di mana setiap pekerjaan harus dijalankan. Efisiensi merupakan tujuan utama mengapa strategi ini perlu diterapkan dalam pengelolaan workload

Nomad Secara Otomatis Menerapkan Anti Affinity Rule

Nomad dari Hashicorp merupakan orkestrator beban kerja fleksibel yang memungkinkan perusahaan dengan mudah menerapkan dan mengelola aplikasi di kontainer atau aplikasi lama menggunakan satu alur kerja secara selaras. Dalam pengelolaan aplikasi, Nomad dengan otomatis menerapkan anti-affinity rule untuk memaksimalkan pemanfaatan sumber daya, penjadwalan beban kerja cerdas dan penskalaan yang otomatis. 

Anti-affinity Rule Secara Otomatis 

Nomad menerapkan anti-affinity rule pada pekerjaan dengan otomatis, hal ini mencegah collocating beberapa instance dari grup tugas. Anti-affinity yang dijalankan bersama bin packing memaksimalkan kepadatan sekaligus menekan kemungkinan kegagalan yang berkaitan. Kombinasi ini diterapkan untuk meningkatkan efisiensi saat pengelolaan data. 

Ukuran Aplikasi yang Dinamis 

Penskalaan aplikasi dinamis Nomad Enterprise memungkinkan Nomad memberikan rekomendasi ukuran untuk aplikasi dengan tepat. Rekomendasi ukuran bisa dihitung menggunakan teknik yang berbeda dalam memastikan ukuran yang paling cocok pada profil aplikasi. Hal ini dilakukan agar sumber daya digunakan sesedikit mungkin sesuai atas kebutuhan perusahaan dan infrastruktur. 

Menerapkan dan Mengelola Aplikasi di Internal, Edge, dan Cloud.

HashiCorp Nomad adalah penjadwal yang mudah digunakan dan disesuaikan. Nomad dapat menangani berbagai beban kerja termasuk aplikasi batch, layanan mikro, dan non-kontainer. Anda bisa mengelola berbagai beban kerja di semua sistem operasi utama dengan menggunakan driver tugas yang dapat diperluas. Alur kerja tunggal digunakan untuk menerapkan aplikasi baru dan yang sudah ada di beberapa pusat data, lokasi, dan cloud. 

Apabila Anda perlu informasi lebih lanjut terkait solusi Nomad, hubungi marketing@phintraco.com atau kunjungi https://phincon.com/workload-orchestration/