Blog and News

18 November 2023 Muftia Parasati

Data Warehouse: Inovasi Teknologi Pengelolaan Informasi Bisnis

Data warehouse dapat diibaratkan sebagai pusat informasi yang berperan penting dalam pengambilan keputusan bisnis. Untuk perusahaan, hal ini sangat penting untuk meningkatkan persaingan industri pada saat ini. Untuk mencapai hal ini, perusahaan membutuhkan akses terhadap teknologi terbaru agar dapat mengelola bisnis mereka secara efisien. Data memainkan peran krusial pada berbagai industri, seperti perusahaan perbankan atau ritel.

Beberapa perusahaan yang memiliki jumlah data cukup besar, seperti informasi pelanggan, produk, keuangan, dan lain-lain, membutuhkan tempat penyimpanan dan pemrosesan informasi yang terstruktur. Salah satu solusi untuk mengatasi hal ini adalah dengan menggunakan data warehouse. Kenali pengertian, karakteristik, manfaat, dan contoh data warehouse selengkapnya di sini.

Apa Itu Data Warehouse?

Data warehouse atau gudang data adalah sistem pusat yang dibangun khusus untuk menyimpan dan menganalisis informasi. Sebagai salah satu sistem manajemen data, sistem ini mengumpulkan informasi dari berbagai sumber serta selama bertahun-tahun untuk mendukung aktivitas Business Intelligence (BI), yang dapat membantu dalam proses pengambilan keputusan bisnis yang strategis dan taktis.

Kemampuan analisis gudang data membantu perusahaan dalam memberikan insight bisnis yang dibutuhkan. Hal ini membuatnya dikenal sebagai “single source of truth” dari sebuah perusahaan. Informasi yang tersimpan pun beragam, mulai dari informasi konsumen dan penjualan, untung rugi, hingga data rahasia perusahaan seperti informasi karyawan, besar gaji, dan sebagainya.

Apa Saja Karakteristik Dari Data Warehouse?

Sebagai pusat penyimpanan data perusahaan, gudang data memiliki karakteristik atau sifat yang membedakannya dengan sistem manajemen data lainnya. Berikut adalah beberapa karakteristik gudang data yang perlu Anda ketahui:

Subject-oriented

Karakteristik subject-oriented memungkinkan gudang data untuk hanya menyampaikan informasi dalam tema atau subjek tertentu. Hal ini akan memudahkan analisis informasi bagi para pengambil keputusan. Data yang tersimpan cenderung lebih spesifik dengan tidak memasukkan informasi yang tidak dibutuhkan dalam pengambilan keputusan.

Terintegrasi

Gudang data terdiri atas informasi dari berbagai sumber yang terintegrasi dalam satu platform. Dalam hal ini, semua informasi harus disimpan dengan cara yang sama di dalam sistem. Informasi juga harus diarsipkan dengan penamaan, format, dan informasi coding yang konsisten. Inilah fitur integrasi di dalam gudang data.

Time-variant

Karakteristik time-variant memperlihatkan bagaimana informasi di dalam gudang data tersimpan dalam berbagai varian waktu, seperti harian, mingguan, bulanan, hingga tahunan. Rentang waktu pada gudang data termasuk lebih luas dibandingkan penyimpanan data tradisional. Tidak hanya itu, saat memproses informasi, gudang data dapat memberikan informasi dalam periode waktu tertentu.

Non-volatile

Karakteristik selanjutnya adalah non-volatile. Artinya, data yang tersimpan di dalam sistem akan terlindungi dari perubahan apapun. Begitu data tersimpan di dalam gudang data, maka data tersebut tidak akan bisa diubah. Data juga bersifat read-only dan hanya mengizinkan dua tindakan, yaitu Access dan Loading.

Apa Perbedaan Antara Database dan Data Warehouse?

Baik database maupun data warehouse merupakan dua jenis sistem manajemen data yang digunakan banyak perusahaan. Perbedaan utama keduanya terletak pada jenis software yang digunakan.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, data warehouse menyimpan data dalam jumlah besar dan dalam berbagai periode waktu yang berbeda. Data warehouse menggunakan Online Analytical Processing (OLAP) untuk menganalisis data-data besar ini dengan cepat.

Sementara itu, database bersifat real-time dengan kemampuan untuk menyimpan, mengatur, dan memproses informasi dengan cepat. Database menggunakan Online Transactional Processing (OLTP) untuk proses menghapus, memasukkan, menggantikan, dan memperbarui informasi dalam waktu yang singkat.

Apa Saja Manfaat Data Warehouse untuk Perusahaan?

Gudang data sebuah perusahaan bertujuan untuk membantu proses operasional bisnis menjadi lebih efektif. Perusahaan umumnya mengumpulkan dan menganalisis informasi yang tersimpan secara berkala untuk terus bersaing di industrinya. Gudang data memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan insight bisnis paling akurat dan mendukung pengambilan keputusan bisnis yang tepat. Adapun fungsi gudang data untuk perusahaan adalah:

Integrasi Data

Sebagai pusat penyimpanan data, gudang data menerima informasi dari berbagai sumber untuk dikumpulkan dan diintegrasi menjadi lebih terstruktur. Informasi yang terintegrasi akan dengan mudah diakses oleh para business analyst, data engineer, data analyst, dan para pengambil keputusan untuk mendapatkan insight yang lebih luas dan laporan yang lebih berkualitas.

Analisis Data yang Cepat

Bagi Anda yang memiliki data dalam jumlah besar, proses penyimpanan dan analisis secara tradisional hanya akan menghabiskan waktu Anda. Hasil analisis yang dibutuhkan pun bisa jadi kurang optimal. Di zaman yang serba cepat ini, teknologi gudang data akan membuat proses penyimpanan dan analisis menjadi lebih cepat dan menghemat waktu.

Memaksimalkan Nilai Data

Gudang data dapat mengintegrasikan informasi, analytical tools, dan akses ke berbagai divisi di perusahaan. Hasilnya, nilai data yang didapatkan akan lebih maksimal. Perusahaan pun akan mendapatkan insight yang lebih baik dengan banyaknya informasi yang tersimpan dan dianalisis di dalam sistem.

Proses Penyimpanan yang Baik

Gudang data menjadikan proses penyimpanan lebih terdigitalisasi dengan secara otomatis menyimpan informasi yang paling sering digunakan. Sistem ini juga dapat secara otomatis membaca waktu masuknya data untuk penyimpanan yang lebih terorganisir.

Biaya yang Ekonomis

Perusahaan dengan jumlah data yang besar perlu memastikan data mereka tersimpan dengan baik untuk menentukan strategi bisnis di masa depan. Penyimpanan secara tradisional akan menelan biaya fantastis, ditambah dengan waktu yang dihabiskan untuk melakukan analisis secara manual. Maka dari itu, penggunaan gudang data dapat menghemat biaya yang dikeluarkan serta mengoptimasi analytical tool yang digunakan.

Seperti Apa Contoh Penggunaan Data Warehouse?

Untuk memahami lebih jauh seputar penerapan gudang data dalam operasional bisnis sehari-hari, berikut adalah beberapa contoh bagaimana sistem digunakan dalam berbagai jenis perusahaan.

Asuransi dan Investasi

Baik perusahaan asuransi maupun investasi memanfaatkan gudang data untuk menganalisis tren konsumen dan pasar. Di pasar saham, gudang data juga berperan penting untuk mencegah adanya perbedaan angka dalam informasi yang tersimpan sehingga menghindari terjadinya kerugian.

Layanan Kesehatan

Industri layanan kesehatan juga tidak lepas dari penggunaan gudang data. Industri layanan kesehatan memanfaatkan sistem ini untuk memunculkan laporan perawatan, serta berbagi informasi dengan perusahaan asuransi atau unit medis dan penelitian.  Gudang data sangatlah penting bagi industri layanan kesehatan untuk mendapatkan informasi akurat dan terkini terkait kesehatan dan keselamatan manusia.

Retail

Gudang data di perusahaan retail banyak digunakan untuk proses marketing dan distribusi. Hasilnya, mereka dapat melacak barang, menganalisis kebijakan harga, serta menganalisis tren membeli konsumen. Selain itu, perusahaan retail memanfaatkan gudang data untuk kebutuhan business intelligence (BI) dan forecasting.

Perbankan

Sektor perbankan menangani banyak nasabah setiap harinya. Contohnya, bank memanfaatkan gudang data untuk mengumpulkan informasi nasabah dari kunjungan ke kantor cabang, online banking, dan komunikasi dengan call center. Informasi ini juga membantu bank menganalisis perilaku nasabah, mendeteksi aktivitas penipuan, hingga memonitor key performance indicator (KPI) seperti pertumbuhan revenue, kepuasan nasabah, dan efisiensi operasional bank.

Demikian pembahasan mengenai pengertian dan pentingnya data warehouse untuk pengelolaan informasi perusahaan Anda. Bisnis Anda dapat berkembang dengan baik jika memanfaatkan teknologi sebaik-baiknya, seperti dengan menggunakan data warehouse untuk menganalisis informasi dan menyusun strategi bisnis.

Terlepas dari efektivitas data warehouse dalam proses analisis bisnis, Anda tentunya membutuhkan ahli yang tepat untuk memastikan data warehouse dapat memberikan laporan analisis data dengan optimal.

PhinCon dapat menjadi solusi terbaik bagi Anda yang membutuhkan teknologi data warehouse terbaik. PhinCon menawarkan data warehouse dengan performa tinggi, serta sistem manajemen yang mudah dengan platform administrasi sederhana dan monitoring dari single operational view.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat mengunjungi halaman Data Solution PhinCon atau menghubungi marketing@phintraco.com.

Editor: Cardila Ladini