Blog and News

26 January 2024 Muftia Parasati

Teknologi Modern: Revolusi yang Mengubah Dunia Bisnis

Teknologi modern hadir sebagai solusi untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari, sehingga menghemat biaya, tenaga, dan waktu yang dikeluarkan. Berbagai perusahaan berlomba-lomba menerapkan teknologi terkini agar mampu bertahan dan berkompetisi di tengah ketatnya persaingan bisnis.

Tak hanya mempengaruhi operasional bisnis secara keseluruhan, teknologi modern memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi peluang bisnis, mengimbangi permintaan pelanggan yang selalu berubah, hingga memperluas cakupan bisnis. Pemanfaatan teknologi yang inovatif dapat menjadi langkah utama menuju kesuksesan. Mari pahami lebih lanjut mengenai teknologi modern serta contohnya yang bisa diterapkan ke perusahaan.

Apa Itu Teknologi Modern?

Teknologi modern adalah perkembangan dari teknologi lama dengan tambahan atau modifikasi fitur. Fungsinya adalah untuk menciptakan produk, jasa, atau infrastruktur yang berfokus pada peningkatan efisiensi dan kecepatan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan. Teknologi ini merevolusi cara kerja yang sebelumnya dilakukan secara manual menjadi serba otomatis.

Perkembangan teknologi ini tidak hanya dapat dimanfaatkan oleh bisnis dalam berbagai skala. Bisnis kecil dapat memanfaatkan teknologi modern untuk mengelola usaha dan melayani  pelanggan secara efektif. Maka dari itu, keberadaan teknologi modern menjadi pintu menuju peluang dan cara baru dalam meraih kesuksesan bisnis.

Apa Perbedaan Teknologi Tradisional dan Teknologi Modern?

Baik teknologi tradisional maupun teknologi modern sama-sama berfungsi untuk membantu pekerjaan manusia. Pada teknologi tradisional, manusia masih mengoperasikan teknologi secara langsung dan manual. Hasil pekerjaan cenderung terbatas karena bergantung pada bagaimana manusia menjalankan teknologi tersebut. Biaya yang dikeluarkan juga cenderung lebih murah. Contohnya adalah pemrosesan data yang masih menggunakan kertas dan ditulis secara manual.

Sementara itu, teknologi modern memanfaatkan mesin yang lebih canggih untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas. Mesin yang sudah dikembangkan bertujuan untuk mengotomatisasi pekerjaan manual dan repetitif, sehingga manusia dapat memprioritaskan pekerjaan lain yang memerlukan perhatian lebih. 

Teknologi modern tentunya jauh lebih kompleks, sehingga dibutuhkan tenaga ahli untuk memelihara kondisinya. Biaya yang dikeluarkan juga lebih mahal. Namun, berinvestasi pada teknologi terkini akan membuahkan lebih banyak hasil positif yang nantinya juga akan berdampak pada perkembangan bisnis.

Apa Ciri-Ciri dari Teknologi Modern?

Terdapat beberapa ciri-ciri yang membedakan teknologi modern dari teknologi tradisional. Salah satunya adalah adalah kehadiran mesin untuk menyelesaikan tugas-tugas yang rumit dengan efisien, sehingga meningkatkan produktivitas dan efektivitas. Mesin pada teknologi modern juga memungkinkan fitur untuk mengotomatisasi pekerjaan repetitif dan mempersingkat proses kerja.

Ciri lainnya adalah akses yang lebih mudah. Misalnya, beberapa teknologi berbasis cloud hanya membutuhkan perangkat internet untuk mengaksesnya serta tidak mengenal tempat atau waktu. Teknologi modern juga mudah dikembangkan untuk mengimbangi laju teknologi.

Namun, tidak jarang teknologi ini identik dengan biaya yang mahal. Hal ini disebabkan oleh tenaga ahli yang diperlukan untuk mengelola teknologi, mesin yang lebih kompleks, serta material yang sulit didapatkan. Ciri-ciri ini menjadikan teknologi modern sebagai pendorong utama dalam perkembangan aspek kehidupan, termasuk aspek bisnis.

Apa Saja Contoh Teknologi Modern untuk Bisnis?

Pemanfaatan teknologi terbaru secara optimal berperan dalam mendukung realisasi target atau strategi bisnis. Penerapan teknologi ke dalam proses kerja dapat mendukung keberlangsungan bisnis dalam jangka waktu yang lama. Berikut ini adalah contoh teknologi modern yang bisa diterapkan di perusahaan:

Customer Relationship Management (CRM)

Menjaga hubungan yang kuat dengan pelanggan merupakan faktor penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Customer relationship management (CRM) adalah software yang digunakan untuk mengelola hubungan dengan pelanggan melalui satu platform sentral. Kegiatan seperti pemantauan interaksi, analisis hubungan pelanggan, penyimpanan data pelanggan pun dipermudah dengan adanya CRM. 

Perusahaan tidak perlu lagi berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain karena adanya integrasi aplikasi di dalam CRM, seperti aplikasi untuk sales, marketing, dan social. Identifikasi pelanggan yang lebih akurat menggunakan CRM memungkinkan perusahaan untuk menyesuaikan strategi bisnis yang lebih taktis.

API Management

API Management adalah proses mengembangkan, mengelola, menganalisis, dan mengamankan Application Programming Interface (API) di sebuah perusahaan. API sendiri berperan sebagai penghubung antara berbagai aplikasi atau sistem untuk berkomunikasi, berbagi data, dan saling berintegrasi. Dengan manajemen API, cara pemakaian API oleh developer internal, mitra perusahaan, dan pengguna dari luar perusahaan dapat diatur sesuai dengan kebijakan terkait privasi data. 

Tujuan manajemen API adalah memastikan kebutuhan developer dan aplikasi yang memerlukan API dapat terpenuhi dengan baik. Tidak hanya itu, manajemen API berperan dalam memperbarui protokol keamanan, sehingga menyesuaikan dengan standar keamanan yang berlaku saat ini. 

Big Data Analytics

Perusahaan modern menangani data dengan jumlah besar setiap harinya. Demi efisiensi pengolahan data, diperlukan strategi berupa big data analytics. Strategi ini berfungsi mengumpulkan data berjumlah besar, atau yang juga dikenal sebagai big data, dari berbagai sumber, seperti media sosial, database pelanggan, dokumen, email, dan lain-lain. 

Tujuan penerapan big data analytics adalah menemukan pola yang tidak terlihat secara langsung, sehingga menghasilkan insight berharga terkait pelanggan dan pasar. Insight dari big data analytics dapat dimanfaatkan untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis berdasarkan data akurat.

Enterprise Resource Planning (ERP)

Enterprise Resource Planning (ERP) software untuk memudahkan pengelolaan aktivitas bisnis sehari-hari. ERP menangani aktivitas seperti akuntansi, manajemen proyek, manajemen risiko, hingga operasi supply chain. Sebagai platform terintegrasi, ERP menghubungkan berbagai proses bisnis serta mengumpulkan data perusahaan dari semua proses tersebut. 

ERP juga menyajikan kemudahan berupa transparansi dalam memantau keseluruhan proses bisnis dari awal hingga akhir, seperti proses produksi, distribusi, logistik, dan finansial. Berbagai departemen di perusahaan juga dapat mengakses data di dalam sistem ERP untuk menunjang operasional bisnis.

Human Capital Management (HCM)

Pengelolaan karyawan sangat penting untuk menjalankan bisnis secara efektif. Human capital management (HCM) menjadi salah satu alat yang digunakan untuk melakukan pengelolaan tersebut. HCM merujuk pada pendekatan komprehensif yang digunakan untuk merekrut, mengelola, dan mengembangkan karyawan demi meningkatkan nilai mereka di mata perusahaan. 

HCM meliputi fungsi strategis dan administratif, seperti rekrutmen, onboarding, pengupahan, kehadiran, talent management, dan sebagainya. Tujuan utama dari penerapan HCM adalah mendorong pertumbuhan yang strategis, memberdayakan karyawan, hingga menghubungkan karyawan dengan proses kerja untuk mendukung operasional bisnis sehari-hari.

Demikian penjelasan seputar teknologi modern serta contohnya yang bisa digunakan di perusahaan. Menerapkan teknologi terkini merupakan salah satu strategi cerdas untuk mendorong produktivitas karyawan dan perusahaan. Namun, strategi yang tepat adalah memanfaatkan teknologi modern yang cocok untuk bisnis Anda. 

PhinCon sebagai penyedia teknologi modern terpercaya dapat menjawab permasalahan dalam mencari teknologi yang sesuai dengan bisnis Anda. PhinCon memiliki serangkaian teknologi terkini untuk menunjang operasional bisnis, seperti CRM cloud, manajemen API, data analytics, ERP, hingga HCM. Mengelola bisnis secara efisien menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan teknologi modern dari PhinCon.

Untuk informasi lebih lanjut seputar software atau layanan teknologi PhinCon, jangan ragu untuk menghubungi email marketing@phintraco.com

Editor: Cardila Ladini