Blog and News

03 August 2023 Adisty Fachrani Santoso

DevOps Adalah Paradigma Utama Pengembangan Aplikasi di Era Digital

Teknologi yang semakin berkembang ke arah digital membuat banyak perusahaan berlomba melakukan pengembangan aplikasi agar semakin digital untuk mempertahankan daya saing serta konsisten memberikan nilai tambah kepada pelanggan. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mengadopsi inovasi teknologi, menciptakan pengalaman pelanggan yang optimal, dan mengatasi tantangan yang terus ada dalam dunia digital. Untuk mengatasi hal ini, DevOps hadir sebagai pendekatan yang akan membantu perusahaan menjawab tantangan pengembangan aplikasi di era digital. Paradigma ini membantu perusahaan dalam berinovasi, merespons pelanggan, serta menghadapi tantangan teknis dengan lebih efisien. Namun, apakah Anda tahu apa yang dimaksud dengan DevOps? Simak artikel ini untuk mencari tahu jawabannya! 

Apa itu DevOps?

Istilah DevOps adalah kombinasi dari kata Development dan Operations, yang dimaksudkan untuk mewakili pendekatan kolaboratif untuk tugas yang dilakukan oleh pengembangan aplikasi perusahaan dan tim operasi IT. Secara luas, DevOps adalah filosofi yang mempromosikan komunikasi dan kolaborasi yang lebih antara tim dalam sebuah perusahaan. Sementara dalam arti sempit, DevOps mengacu pada penerapan pengembangan software yang berulang, otomasi, penerapan serta pemeliharaan infrastruktur yang dapat diprogram. Istilah ini juga mencakup perubahan budaya, seperti membangun kepercayaan dan kohesi antara developer dan administrator sistem, serta menyelaraskan proyek teknologi dengan kebutuhan bisnis. DevOps dapat mengubah rantai pengiriman software, layanan, peran, alat IT, dan praktik terbaik.

Mengapa Development Operations itu Penting?

Development operations penting karena merupakan pengembangan software dan pendekatan operasi yang memungkinkan pengembangan produk baru lebih cepat dan pemeliharaan deployment yang ada lebih mudah. Kedua departemen (pengembangan dan operasi) yang bersatu memudahkan perusahaan dalam merilis aplikasi atau produk baru, sehingga membuat perusahaan memiliki daya saing yang lebih tinggi. Otomatisasi tugas berulang, seperti pengujian, penerapan, dan penyediaan infrastruktur, mengurangi upaya manual dan meminimalkan risiko kesalahan manusia. Hal ini mengarah pada efisiensi dan produktivitas yang lebih besar di seluruh siklus hidup pengembangan dan operasi. Secara keseluruhan, DevOps tools penting karena memungkinkan perusahaan membangun, menerapkan, serta mengelola software secara lebih efisien dengan mengoptimalkan kualitas dan kecepatan. Hal ini mempromosikan kolaborasi, otomatisasi, dan pendekatan yang berpusat pada pelanggan, sehingga mendorong kesuksesan serta pertumbuhan bisnis. 

Apa Saja Fase Awal Dalam Devops Untuk Melakukan Perancangan Aplikasi?

Dalam praktik DevOps engineering, perancangan aplikasi dimulai dari tahap-tahap awal yang penting untuk mengatur dasar pengembangan dan pengiriman yang efisien. Kemudian, beberapa tahap ini akan membentuk landasan yang kuat untuk pengembangan dan pengiriman aplikasi dalam pendekatan DevOps. Dimulai dengan dasar yang baik serta kuat, tim dapat memastikan bahwa perancangan aplikasi akan memenuhi kebutuhan perusahaan, kualitas yang optimal, serta siap untuk mengikuti alur pengembangan dan pengiriman yang cepat. Beberapa fase awal Development Operations untuk melakukan perancangan aplikasi diantaranya adalah: 

Perencanaan 

Pada tahap ini, development operations engineer mengidentifikasi persyaratan perusahaan dan mengumpulkan umpan balik dari end user. Kemudian, peta jalan proyek akan dibuat untuk memaksimalkan nilai bisnis dan menghasilkan produk yang diinginkan. Tahap ini melibatkan wawasan yang luas terkait kebutuhan bisnis, tujuan aplikasi, serta keinginan  pengguna. 

Kode

Selanjutnya adalah tahap pengembangan kode. DevOps engineer menggunakan beberapa alat serta plugin, seperti Git, untuk menyederhanakan proses pengembangan, yang membantu mereka menghindari risiko dan kelemahan keamanan, hingga praktik pengkodean yang tidak sesuai. 

Membangun

Dalam konteks ini, ‘membangun’ merujuk pada proses pengembangan kode serta beberapa komponen aplikasi yang merupakan langkah penting dalam siklus pengembangan software. Setelah developer menyelesaikan tugasnya, mereka mengirimkan kode ke repositori kode umum menggunakan alat. 

Menguji

Setelah siap, aplikasi akan diterapkan ke lingkungan pengujian terlebih dahulu untuk melakukan beberapa jenis pengujian seperti uji penerimaan pengguna, uji keamanan, pengujian integrasi, pengujian kinerja, dan sebagainya menggunakan alat khus untuk memastikan software berkualitas.

Merilis 

Aplikasi yang sudah siap akan diterapkan di lingkungan produksi pada fase ini. Setelah aplikasi lulus semua pengujian, tim operasi menjadwalkan rilis atau menerapkan beberapa rilis ke produksi, bergantung pada kebutuhan perusahaan.

Solusi Data Platform Mampu Akselerasi Proses Pengembangan Aplikasi Anda

Dalam dunia bisnis yang selalu berkembang setiap harinya, memiliki solusi data platform yang optimal memungkinkan tim developer untuk berinovasi, mempercepat pengembangan, dan memberikan pengguna pengalaman yang terbaik. Sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang konsultasi dan layanan IT, PhinCon menawarkan solusi data platform dari Delphix yang dapat mengakselerasi proses pengembangan aplikasi Anda. Data platform memberikan landasan kokoh untuk mengelola, menyimpan, mengintegrasikan, dan menganalisis data yang digunakan oleh aplikasi Anda. Akselerasikan proses pengembangan aplikasi Anda bersama solusi data platform dari PhinCon. 

Immutable Time Machine

Solusi ini memungkinkan data disinkronkan dari aplikasi apapun, disimpan, dan kemudian disediakan untuk menguji lingkungan dari kapan saja, tanpa batas waktu atau transaksi. 

Data Virtualization

Solusi data platform dari Delphix berbagi blok data yang mendasarinya di seluruh lingkungan yang independen, tanpa membuat salinan yang berlebihan untuk pengembangan, pengujian, QA, dan staging. 

Data Privacy, Compliance, and Security

Dengan menggunakan solusi data platform, Anda dapat menemukan dan menyembunyikan nilai data sensitif secara otomatis untuk kepatuhan GDPR, CCPA, HIPAA, dan lainnya.

Data As Code

Solusi ini menggunakan API untuk memperbarui status terbaru, membersihkan setelah pengujian, branch, serta membagikan data ke seluruh tim yang terlibat. 

Untuk informasi lebih lanjut terkait solusi data platform, hubungi marketing@phintraco.com