Blog and News

11 October 2023 Wellium

Big Data Adalah Kunci Mengungkap Peluang Bisnis Tersembunyi

Seiring perkembangan dunia teknologi, semua data dan informasi dapat dengan mudah diakses, disimpan, dilacak, dan bahkan dianalisis. Pengumpulan dan analisis data sangat penting di semua bidang, termasuk bisnis. Tren sosial dan kebutuhan yang relevan hanya bisa diidentifikasi melalui metode ini. Analisis data yang telah terkumpul memungkinkan bisnis membuat prediksi pasar secara akurat. Hal ini menjadi peluang besar dan strategi baru yang efektif untuk mengatasi tantangan industri.

Alhasil, pengumpulan data sekarang dianggap sebagai aktivitas rutin. Big data adalah salah satu istilah yang paling sering digunakan dalam rutinitas tersebut. Implementasi analisis data telah menghasilkan perubahan signifikan dalam dunia teknologi, sehingga penggunaannya sekarang tersebar luas di berbagai bidang. Pasalnya, data masif mampu memberikan insight mendalam tentang perilaku, tren pasar, dan preferensi pelanggan yang berpotensi mengubah arah strategi bisnis.  Artikel ini akan menjelajahi bagaimana big data menjadi kunci dalam mengungkapkan peluang bisnis tersembunyi.

Apa itu Big Data?

Big data adalah istilah yang mencakup semua koleksi set data yang begitu besar atau kompleks sehingga sulit untuk diproses menggunakan aplikasi manajemen data tradisional. Big data merupakan kumpulan data yang berjumlah sangat besar dan terus bertambah secara eksponensial seiring waktu. Jumlah data yang sangat besar ini dikelola dan dianalisis dalam rangka menemukan pola atau tren industri, terutama menemukan interaksi serta perilaku pelanggan.

Dalam lingkungan bisnis yang begitu kompetitif ini, perusahaan mengandalkan analisis data dengan volume masif agar mampu membedakan, mengungguli, dan beradaptasi terhadap kebutuhan pelanggan lebih cepat dari pesaing.  Perusahaan terkemuka melihat bagaimana penerapan big data yang begitu eksponensial hingga mampu mengungkap peluang mengoptimalkan hasil bisnis lebih baik.

Bagaimana Cara Kerja Big Data?

Big data dapat dikelompokkan sebagai structured data dan unstructured data. Structured data terdiri dari informasi yang sudah dikelola oleh perusahaan dalam basis data berbasiskan angka. Unstructured data adalah informasi yang tidak teratur dan tidak masuk ke dalam model atau format sudah ditentukan. Big data dapat dikumpulkan dari informasi publik di sosial media dan situs web,  serta dikumpulkan secara sukarela dari perangkat maupun aplikasi pribadi.

Keberadaan sensor dan input lainnya pada perangkat pintar memungkinkan data dikumpulkan dalam berbagai situasi dan keadaan yang luas. Big data biasanya disimpan dalam basis data komputer dan dianalisis menggunakan perangkat lunak yang dirancang khusus untuk mengolah kumpulan data masif dan kompleks.

Apa Saja Karakteristik dari Big Data?

Karakteristik big data dapat diidentifikasi melalui lima dimensi utama yang dikenal sebagai 5V, yaitu volume, value, variety, velocity, dan veracity.

  • Volume: ukuran dan jumlah data yang dikelola dan dianalisis oleh perusahaan
  • Value: dimensi paling penting apabila dilihat dari perspektif bisnis, nilai dari big data biasanya diperoleh dari insight dan identifikasi pola yang mengarah pada operasional lebih efektif, hubungan pelanggan lebih kuat, serta manfaat bisnis lainnya yang jelas dan terukur.
  • Variety: keragaman dan rentang jenis data yang berbeda, termasuk data tak terstruktur, data semi-terstruktur, dan data mentah
  • Velocity: kecepatan dimana perusahaan menerima, menyimpan, dan mengelola big data, contohnya seperti jumlah posting media sosial atau permintaan pencarian yang diterima dalam satu hari, satu jam, atau satuan waktu lainnya
  • Veracity: akurasi data dari data dan aset informasi yang sering kali menggambarkan tingkat kepercayaan level eksekutif

Apakah Manfaat dari Adanya Big Data bagi Aktivitas Bisnis?

Manfaat big data tidak hanya dirasakan di dunia bisnis tetapi juga di banyak industri lain, seperti kesehatan, pendidikan, dan sistem informasi. Tidak hanya perusahaan besar, pemerintah juga mulai menerapkan teknologi big data. Big data telah mempengaruhi kehidupan sehari-hari kita, seperti saat kita menggunakan e-commerce atau media sosial tanpa kita sadari. Mengingat besarnya dampak big data pada berbagai aspek kehidupan, berikut beberapa manfaat utama dari implementasinya:

Meningkatkan Produktivitas dan Efisiensi

Big data dapat secara cepat meningkatkan operasi dan efisiensi dalam mengumpulkan data konsumen yang luas. Data yang diperoleh tersebut akan dianalisis dan ditafsirkan untuk mengidentifikasi pola-pola yang signifikan (seperti selera, preferensi pelanggan, dan perilaku pembelian) yang kemudian memungkinkan perusahaan menyediakan produk/jasa yang dipersonalisasi. Selain itu, dengan mengimplementasikan big data, dimungkinkan untuk melakukan otomatisasi pekerjaan sehingga para pekerja menjadi lebih proaktif dalam pengambilan keputusan berdasarkan analisis data dan mencegah kesalahan yang berpotensi merugikan.

Mengurangi Biaya Pemasaran

Kegiatan pemasaran adalah salah satu cara paling penting untuk memperoleh atau mempertahankan pelanggan terhadap produk dan layanan perusahaan. Pemasaran tidaklah mudah karena membutuhkan banyak waktu dan uang, namun big data akan secara signifikan menyederhanakan proses ini. Seorang data analyst akan menggunakan data analytics untuk mengidentifikasi praktik bisnis yang lebih efisien dan hemat biaya. Melalui machine learning dan artificial intelligence, perusahaan dapat melakukan analisis strategi pemasaran paling tepat dan menentukan biaya yang sesuai dengan budget bisnis.

Prediksi Industri

Analisis big data akan membantu dalam proses melakukan klasifikasi konsumen, baik secara demografis maupun pada aspek tingkat kepuasan mereka terhadap produk. Fakta bahwa konsumen menyadari betul kebutuhan mereka sendiri memungkinkan big data menghasilkan prospek yang lebih dapat diandalkan untuk analisis bisnis,  sehingga kemungkinan besar menghasilkan pelanggan baru. Selain menganalisis calon pelanggan, big data juga dapat membantu bisnis bersaing dan unggul di industri.

Mempertahankan Loyalitas Pelanggan

Fungsi utama dari big data adalah untuk mengumpulkan dan menganalisis jumlah data yang masif. Jejak digital dari konsumen akan mengungkap banyak tentang perilaku dan kebutuhan mereka. Big data membantu mengekstrak data ini untuk memberikan insight terkait bagaimana perusahaan dapat memenuhi kebutuhan tersebut. Selain itu, media online telah berkembang menjadi salah satu bentuk pemasaran digital yang banyak diadopsi oleh bisnis. Reputasi platform digital yang digunakan oleh bisnis akan mempengaruhi keinginan konsumen untuk membeli produk atau menggunakan layanan bisnis. Dengan big data, perusahaan dapat menjelajahi dunia digital yang luas untuk memahami apa yang orang katakan tentang produk atau layanan

Membuka Peluang Inovasi

Penerapan big data dapat mengungkapkan berbagai data dengan cakupan begitu luas, yang kemudian diubah menjadi insight krusial untuk memfasilitasi inovasi. Dengan demikian, perusahaan mampu menghasilkan inovasi yang mungkin sebelumnya tidak pernah terbayangkan sebelumnya dikarenakan kekurangan informasi terkait tren konsumen maupun industri.

Apa Tantangan yang Dihadapi dalam Big Data?

Konsep big data di era modernisasi ini, telah dianggap sebagai bahan bakar yang mendorong perusahaan mencapai tujuan bisnis melalui jalur yang tepat. Sayangnya, meskipun data dianggap sebagai aspek penting terhadap pertumbuhan bisnis, masih banyak perusahaan yang tidak dapat mengambil insight berharga dari data karena mereka menghadapi beberapa tantangan big data. Lantas, apa saja tantangan big data yang dihadapi oleh perusahaan? .

Data Berasal Dari Banyak Sumber

Tantangan pertama dalam pengolahan big data yang dihadapi oleh bisnis adalah perlunya menganalisis data dari berbagai sumber yang disimpan di platform berbeda berdasarkan jenis atau sumber datanya. Masalah ini dapat menyebabkan analisis yang tidak lengkap atau kurang akurat. Mengumpulkan data secara manual memakan waktu, sehingga membatasi insight analis data dalam melihat hal-hal yang seharusnya mudah dilihat. Cara terbaik untuk mengatasi tantangan pengolahan ini adalah menggunakan solusi big data analytics komprehensif dan terpusat yang dapat menyatukan berbagai jenis atau sumber data menjadi satu platform.

Menentukan Tingkat Keandalan Data

Banyaknya akses data yang tersedia, telah menyulitkan  data analyst untuk mengklasifikasikan data yang dapat diandalkan. Pada akhirnya, proses analisis mungkin hanya akan fokus pada data yang paling mudah dikumpulkan daripada data-data yang benar-benar memiliki nilai tambah. Selain itu, jika seorang analis harus secara manual mengklasifikasikan data yang dapat diandalkan, maka sangatlah mustahil bagi mereka untuk mendapatkan insight secara real-time tentang apa yang sedang terjadi saat ini.

Hal ini akan memberikan dampak negatif yang signifikan pada pengambilan keputusan bisnis. Platform big data analytics yang didukung oleh  artificial intelligence dan machine learning akan membantu perusahaan mengatasi tantangan big data ini. AI dan machine learning memungkinkan data analyst mengklasifikasikan data yang diandalkan agar dapat dianalisis secara otomatis, sehingga memberikan hasil analisis yang lebih baik, cepat, dan lebih akurat serta relevan dengan tren saat ini.

Kurangnya Talenta

Meskipun kita sudah memasuki dunia modern yang hidup dengan teknologi, nyatanya masih ada banyak perusahaan yang tidak memiliki sumber daya cukup untuk menganalisis data mereka dengan baik. Masalah ini terjadi karena platform yang digunakan membutuhkan tahapan operasional yang kompleks, sehingga hanya karyawan dengan keterampilan dan pengetahuan khusus saja yang mampu melakukan analisis mendalam. Cara terbaik untuk mengatasi tantangan data besar ini adalah dengan menggunakan platform big data analytics yang memungkinkan setiap orang mengakses dan memanfaatkan sepenuhnya data yang tersedia tanpa harus belajar tools atau pemrograman kompleks.

Skalabilitas

Seiring berjalannya waktu, perusahaan mungkin akan kesulitan untuk berkembang karena memiliki jumlah data yang terus bertambah. Mengumpulkan informasi dan membuat laporan menjadi semakin kompleks. Pasalnya, platform yang ada tidak bisa berkembang bersamaan dengan pertumbuhan bisnis. Untuk mengatasi tantangan big data ini, penting untuk memiliki platform dengan tingkat skalabilitas yang baik. Sehingga kita tidak perlu khawatir tentang seberapa besar data yang kita miliki saat ini, dan seberapa besar data yang akan kita miliki di masa depan. Ini memungkinkan perusahaan dalam mengelola sejumlah data masif tanpa mempengaruhi kualitas kinerjanya.

Permudah Implementasi Big Data Dengan Data Solution

Jika perusahaan Anda kesulitan dalam memanfaatkan analisis big data, maka Anda bisa mempertimbangkan untuk mengimplementasikan data solution dari Phincon. Phincon menyediakan platform pengelolaan data  yang memanfaatkan kekuatan big data analytics, data virtualization, hingga data masking. Data solution Phincon dilengkapi dengan berbagai keunggulan dan kapabilitas yang membantu perusahaan dalam mengatasi segala tantangan big data dengan skalabilitas, artificial intelligence, machine learning, dan tanpa memerlukan keterampilan pemrograman kompleks.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut terkait data solution, kunjungi halaman data solution dan hubungi kami melalui email marketing@phintraco.com.

Editor: Cardila Ladini