CRM dalam perkembangan bisnis sangatlah penting dan tidak dapat diremehkan, penerapan solusi CRM yang tepat dapat menjadi tantangan terbaru bagi setiap perusahaan. Jika CRM tidak diimplementasikan dengan baik, maka akan berantakan. Untuk memberikan informasi mengenai tahap ini, kami telah mencatat 4 tantangan utama dalam implementasi CRM beserta rekomendasi mengenai bagaimana Anda dapat mengatasinya untuk mendapatkan hasil yang optimal dari sistem CRM yang Anda punya.

Tantangan 1 : Proses yang rumit
Menerapkan CRM mungkin terlihat seperti menghabiskan waktu kerja bagi sebagian karyawan. Anda mungkin akan mendapatkan kesan bahwa karyawan harus terus berjalan di aplikasi untuk mendapatkan informasi atau melacak prosesnya. Tapi dalam gambaran sebenarnya, CRM dirancang untuk mengintegrasikan semua program yang sudah digunakan misalnya One Note, Outlook, Excel, Word dll. Melalui CRM, karyawan dapat bekerja pada excel dan juga CRM pada waktu yang bersamaan. Dengan mengintegrasikan spreadsheet ke CRM, marketing tidak perlu masuk ke setiap catatan CRM dan memperbarui setiap lembarnya.

Tantangan 2 : Sedikit Pengguna
Tantangan lain yang dihadapi adalah bahwa tidak semua bisnis yang saling terkait menggunakan CRM sehingga bagaimana hal itu dapat menguntungkan mereka karena seorang marketing tidak akan mendapatkan informasi yang sangat mereka butuhkan? Itu tidak benar. Saat ini semua perangkat CRM yang bagus pasti mendukung perangkat seluler termasuk tablet dan ponsel yang memungkinkan untuk mendapatkan akses virtual dari mana saja.

Tantangan 3: Tidak ada hasil yang terlihat
Banyak pengusaha yang khawatir bahwa mereka telah menggunakan solusi CRM untuk waktu yang lama dan masih belum dapat melihat hasil yang nyata. Semua jenis data dan keterlibatan bisnis dapat dilacak melalui CRM. Ketika Eksekutif melihat dashboard yang sudah diperbarui, mereka dapat melakukan analisa lengkap tentang bagaimana proses bisnis, komunikasi dan kinerja meningkat secara keseluruhan.

Tantangan 4 : Apa yang harus dilakukan dengan semua data?
Salah satu keuntungan menggunakan CRM adalah dapat mengumpulkan banyak data penting dengan mudah. Tapi yang menjadi tantangan berikutnya adalah bagaimana cara untuk menggunakan data tersebut. Seringkali bisnis tidak dilengkapi dengan analisa data untuk dapat menarik kesimpulan dari banyaknya data tersebut. CRM mampu memberikan solusi analisis data sehingga dapat dengan cepat menyimpulkan data dan cepat mengambil keputusan.