CRM adalah software berbasis cloud yang dapat membantu untuk meningkatkan produktivitas dan profit suatu perusahaan dengan cara mendapatkan informasi yang lengkap mengenai pelanggan. Melalui penggunaan CRM di Indonesia maka suatu perusahaan bisa mendapatkan cara yang lebih baik untuk memahami perubahan kebutuhan pelanggan mereka dan dengan cepat meresponnya.

Manajer CRM memiliki semua informasi lengkap yang dibutuhkan sehingga dapat melakukan analisa data dan menghasilkan output berupa produk atau service yang bermanfaat untuk pelanggan. Untuk itu banyak sekali perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan CRM sebagai salah satu solusi untuk berbagai masalah yang akan dihadapi. Perkembangan CRM Indonesia sudah sangat baik namun masih kalah jauh dibandingkan dengan negara lain.

Manfaat CRM di Indonesia

1. Membangun loyalitas pelanggan
CRM adalah segala hal yang berhubungan dengan cara mengelola pelanggan. Jika pelanggan dapat dikelola dengan efektif maka loyalitas pelanggan akan tercipta dan berpotensi bagi perusahaan untuk mendapatkan profit secara terus menerus. Profit menjadi hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan dan hanya bisa didapatkan jika loyalitas pelanggan sudah terbentuk.

2. Penyimpanan informasi
CRM dapat menyimpan dan mengelola berbagai data informasi penting yang dibutuhkan seperti nama pelanggan, alamat email dan nomor telepon. Suatu perusahaan perlu untuk mengetahui apa yang pelanggan mereka beli, dimana mereka membelinya, dan seberapa sering mereka membeli barang dari toko mereka.

3. Meningkatkan penjualan
Menggunakan CRM tentu saja akan dapat meningkatkan penjualan karena perusahaan akan dapat segera mengetahui apa kebutuhan pelanggan dan mengetahui trend kebutuhan yang sedang terjadi dan jika terjadi perubahan trend kebutuhan maka perusahaan akan dapat dengan segera mengetahui dan cepat mengambil keputusan. Di Indonesia, ada banyak perusahaan yang sudah menggunakan CRM supaya dapat meningkatkan penjualan.

4. Proses bekerja menjadi lebih terorganisir
Melalui pengunaan CRM, ada banyak proses pekerjaan yang jauh lebih terorganisir, sistematis dan terkoordinasi dengan baik sehingga mengurangi pemborosan dana anggaran untuk hal yang tidak perlu.

Kepuasan pelanggan adalah kunci bagi suatu bisnis. Bila suatu perusahaan di Indonesia dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan tepat waktu maka akan semakin banyak bisnis bisa berkembang. CRM di Indonesia dapat digunakan mulai dari semua sektor industri baik skala kecil, menengah dan besar. Jadi jika ingin bisnis Anda bisa terus berkembang maka sudah waktunya Anda menerapkan CRM.