Digital Marketing merupakan cara pemasaran produk dan layanan dengan menggunakan teknologi terutama melalui internet. Saat ini pemasaran menjadi sangat penting bagi setiap bisnis dan sebagai seorang manajer marketing, harus dapat menganalisis setiap aspek dengan benar sebelum berinvestasi di Channel Digital Marketing manapun. Ada begitu banyak channel yang tersedia, tapi disini kita akan membahas 5 Channel Digital Marketing terbaik yang harus digunakan setiap bisnis untuk mendorong penjualan.

Di bawah ini adalah Channel Digital Marketing yang perlu anda ketahui dan diterapkan untuk bisnismu.

1. SEO ( Search Engine Optimization)
SEO adalah cara optimasi website untuk mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian oleh Search Engine dan dapat meningkatkan reputasi bisnis sehingga mendorong penjualan. Peringkat terbaik yang dimaksud adalah jika website berada di halaman pertama Search Engine sehingga berpeluang lebih besar untuk diklik oleh orang yang sedang mencarinya. SEO merupakan cara investasi terbaik bagi pemilik bisnis karena umumnya tidak membutuhkan biaya besar dan jika berhasil bisa menjadi investasi jangka panjang.

2. Email Marketing
Email Marketing adalah cara promosi digital dengan cara mengirimkan email kepada banyak orang sehingga bisa menghemat biaya. Email marketing bisa digunakan untuk mengirimkan informasi tentang produk terbaru, menawarkan promosi atau diskon. Ini akan memberikan kesempatan untuk pelanggan supaya dapat berkunjung kembali ke website anda.

3. Social Media Marketing
Ini adalah salah salu cara pemasaran digital yang sangat efektif untuk membantu anda menciptakan hubungan yang baik antara bisnis dengan pelanggan. Melalui sosoal media maka anda bisa mempromosikan merek dan konten untuk meningkatkan kesadaran merek, mendapatkan traffic website dan menghasilkan leads.

4. Pay Per Click (PPC)
PPC adalah model periklanan di internet untuk mengarahkan traffic ke website anda dengan membayar kepada penayang setiap kali iklan anda di klik. Salah satu PPC yang paling populer adalah Google Adwords.

5. Mobile Marketing
Mobile Marketing adalah metode pemasaran kepada konsumen yang ditargetkan melalui perangkat mobile. Mobile Marketing tidak hanya memungkinkan orang untuk terhubung ke internet melalui ponsel mereka, namun juga memperkuat berbagai media komunikasi dalam saluran yang mudah dan efisien. . Media komunikasi yang digunakan berupa teks sederhana, mendorong konsumen untuk mengunjungi situs mobile atau memotivasi mereka untuk berpartisipasi dalam kampanye berbasis audiens.

6. Video Konten Marketing
Video konten marketing adalah cara pemasaran dengan menggunakan video sebagai kontennya. Tahukah Anda bahwa 80% orang dari Amerika Serikat yang menggunakan internet ternyata menonton minimal satu video internet per bulan? Itu berarti 2 miliar penayangan video setiap hari.

Sebagai pemasar atau pemilik bisnis, Anda harus memahami dan memasukkannya ke dalam strategi Digital Marketing. Untuk hal ini, Anda hanya perlu menetapkan tujuan dan membuat rencana yang harus Anda kerjakan. Semua saluran pemasaran yang disebutkan di atas membantu memenuhi tujuan ini, jadi, Anda bisa berinvestasi di dalamnya. Ini dapat membantu Anda mengarahkan traffic ke website dengan cepat dan tepat.