Sudahkah anda menerapkan Digital Marketing untuk kelancaran bisnismu?
Atau anda masih tidak tahu apa itu Digital Marketing?
Jika sudah tahu tapi masih bingung harus mulai dari mana?

Pada artikel kali ini kami akan bahas mengenai Digital Marketing dan pengaruhnya untuk bisnismu.

Digital Marketing bisa diartikan sebagai salah satu strategi pemasaran yang menggunakan media internet sebagai tempat promosi produk, jasa dan informasi lainnya. Melalui internet inilah calon pelanggan akan mendapatkan banyak informasi yang dibutuhkan sebelum memilih dan membeli suatu layanan dan produk. Sebagai seorang pemilik bisnis, melalui internet inilah semua layanan dan produk diperkenalkan dan dipromosikan untuk menarik pelanggan.

Di era modern saat ini dengan perkembangan teknologi yang pesat dan orang-orang menjadi sibuk dengan kegiatan sehari-hari. Mereka tidak sempat untuk melihat berbagai merek, produk dan dari sarana pemasaran offline seperti koran, buku, siaran tv dan radio. Pada era sekarang ini, internet dan handphone menjadi metode yang paling diminati untuk mencari dan berbagi informasi apapun. Digital Marketing menjadi channel pemasaran favorit bagi pemilik bisnis dimana mereka dapat mempengaruhi citra perusahaan dan dapat menjangkau hingga sebagian besar pelanggan di seluruh dunia

Apa Yang Harus Anda Lakukan Untuk Digital Marketing

Di era teknologi, di mana Smartphone sudah menjadi bagian dari gaya hidup yang tidak bisa dipisahkan, kita merasa terikat untuk mengakses detail produk secara online hanya melalui, ponsel, komputer atau tablet. Bisnis yang sukses ternyata tidak cukup hanya mendapatkan banyak pengunjung di situs web produk, namun pengunjung tersebut harus berubah menjadi prospek dan melakukan pembelian. Digital Marketing menjadi alat yang bekerja pada psikologi pelanggan Anda dengan konten yang menarik, iklan yang diikuti oleh berbagai taktik pemasaran lainnya. Digital Marketing memberi peluang bisnis terbaik untuk memenangkan kompetisi, mempertahankan posisi brand, dan bahkan meningkatkan kesuksesan untuk bisnismu.

Masalah Biaya

Alasan pertama dan paling utama untuk memilih Digital Marketing adalah masalah harga yang cukup ekonomis, dibandingkan dengan metode pemasaran offline tradisional. Iklan di TV dan di koran membutuhkan biaya besar dan tanpa ada jaminan diperhatikan oleh semua orang. Sebaliknya jika promosi dijalankan melalui email dan sosial media dapat menjangkau populasi massal secara global. Melalui Digital Marketing jugalah anda bisa akan dikenakan biaya jika hanya iklan dilihat oleh orang. Bayar sesuai dengan jumlah berapa banyak yang klik atau lihat menjadi salah satu keunggulan dari sistem iklan online ini.

Ulasan Pelanggan

Manfaat lain yang sangat sesuai dengan kebutuhan bisnismu adalah ulasan dan testimonial dari pelanggan yang dapat dijadikan bahan rekomendasi oleh orang lain dalam memilih bisnismu. Dengan pola pemasaran digital pemilik bisnis tidak perlu mengeluarkan terlalu banyak biaya pada survei dan umpan balik pelanggan. Harapan pertumbuhan pendapatan yang lebih baik dari Usaha Kecil dan Menengah dapat mencapai 4 kali lebih baik dengan menggunakan teknik pemasaran digital, karena memungkinkan produk tersedia untuk menjangkau pasar yang lebih besar dan lebih jauh baik di dalam maupun di luar negeri.

Pengakuan Merek

Digital Marketing telah terbukti menguntungkan bagi reputasi merek, dengan pelanggan yang puas dan umpan balik real-time mereka, pemilik bisnis dapat menjangkau sejumlah pelanggan potensial lainnya. Ini membantu pemilik bisnis untuk membangung reputasi brand berjalan sesuai harapan, membuka pintu peluang baru untuk menjangkau pasar yang lebih besar dan mencapai pertumbuhan bisnis.

Optimalisasi Konversi

Karena era saat ini semakin digital sehingga orang-orang memiliki akses atas gadget mereka setiap saat dan pemilik bisnis dapat tetap memasarkan produk mereka, terlepas dari batasan zona waktu dan pada akhirnya jangkauan yang lebih besar ke konsumen akan mengarah pada konversi. Konsumen akan mendapatkan apa yang mereka cari demi kenyamanan mereka. Tanpa konversi, semua traffic website tidak berarti apa-apa dan semua upaya pemasaran lainnya akan berakhir dengan keputusasaan. Inilah satu-satunya alasan, mengapa pemilik bisnis berupaya lebih banyak terhadap kampanye pemasaran digital untuk meningkatkan konversi penjualan.

Channel Digital Marketing

Digital Marketing dapat dilakukan dengan berbagai cara, berikut ini adalah beberapa saluran utama yang pasti digunakan.

  • SEO
  • Konten video online
  • Pay Per Click (PPC)
  • Email Marketing
  • Social Media Marketing (Facebook, Twitter, LinkedIn, dll.)
  • Mobile Marketing (SMS, MMS, dll.)

Ketika berkunjung ke website, langkah pertama yang pengunjung lakukan adalah memeriksa produk dan kemudian mungkin pergi tanpa membeli apapun. Tak dapat pungkiri bahwa jumlah yang hanya datang dan pergi lebih besar dibandingkan dengan kelompok pelanggan yang melakukan pembelian. Bahkan website menerima banyak pengunjung situs web setiap hari atau mingguan, namun tidak satu pun dari mereka yang pernah berkonversi, maka ini mengkhawatirkan karena bisa mengarah pada indikasi yang jelas bahwa produk atau layanan tersebut tidak diminati. Digital Marketing membantu pemilik bisnis memanfaatkan strategi pemasaran yang dicoba dan diuji, yang tidak hanya menarik traffic yang banyak, namun memiliki traffic potensial yang akhirnya konversi kepada pembelian produk/layanan.

Anda bisa menghubungi tim kami untuk mendiskusikan lebih jauh konsep Anda untuk menjalankan kampanye Digital Marketing. Diskusi akan membantu Anda mendapatkan solusi terbaik untuk menggunakan Digital Marketing untuk bisnismu.