Customer Relationship Management (disingkat CRM) adalah topik yang sering dibahas di kalangan bisnis. CRM sering dibahas karena ini adalah cara terbaik bagi bisnis untuk terhubung dengan pelanggan mereka, meningkatkan keuntungan, dan memiliki layanan pelanggan yang lebih baik. Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang CRM.

1. Ini semua tentang pelanggan. Beberapa perusahaan terlalu banyak berfokus pada program CRM yang mahal dan mengesampingkan departemen TI dan tidak cukup pada apa yang menjadi inti CRM. Program CRM perlu dirancang untuk menarik pelanggan bisnis. Call Center terbaik adalah yang mudah ditemukan oleh pelanggan. Vendor CRM terbaik memiliki tingkat kepuasan pelanggan yang tinggi saat merancang aplikasi CRM mereka.

2. Banyak vendor menawarkan program dan layanan CRM tradisional. Saya percaya, bagaimanapun, bahwa CRM On-demand adalah cara terbaik. CRM On-demand berbeda dari metode tradisional karena mewajibkan perusahaan untuk mempekerjakan orang TI baru, dan menggunakan sumber daya yang luas untuk menerapkan program CRM yang rumit, perangkat lunak dilengkapi dengan dukungan. CRM on-demand tidak lagi menjadi pendekatan “bawalah departemen TI Anda sendiri”. Banyak vendor seperti Salesforce.com, Siebel, dan NetSuite menawarkan solusi On-demand yang bagus untuk bisnis yang masuk ke pasar CRM.

3. Customer Relationship Management bukan hanya sekedar software. Beberapa bisnis ingin itu hanya sebagai perangkat lunak, tapi tidak akan sesederhana itu. Customer Relationship Management adalah proses belajar yang berkelanjutan. Bisnis harus belajar dari pelanggan dan berubah sesuai keinginan. Semakin dekat bisnis sampai ke pelanggannya, semakin baik. Aplikasi dan strategi CRM adalah metode dimana bisnis dapat mengakses, menganalisis, dan belajar dari Data pelanggan. Mengetahui apa aplikasi CRM sebenarnya adalah langkah yang sangat penting dalam memahami bagaimana menjadi sukses saat menerapkan praktik CRM.

4. Penting untuk dipahami bahwa ada ratusan vendor CRM di luar sana. Banyak vendor mengklaim menjadi nomor satu, tapi jika Anda melihat dari dekat, mereka mungkin nomor satu hanya dalam satu kategori. Perusahaan lain mengatakan bahwa mereka adalah nomor satu di CRM, namun tidak ada dasar untuk pernyataan mereka. Penting bagi perusahaan untuk memilih vendor yang tepat yang akan memenuhi semua kebutuhan CRM mereka. Ini mungkin tidak selalu menjadi perusahaan “perusahaan nomor satu” yang paling mahal. Sebaliknya, beberapa perusahaan sederhana menawarkan solusi CRM yang sangat efektif. Beberapa penyedia CRM terbaik adalah Siebel, Salesforce.com, NetSuite, IBM, Microsoft, dan SAP.

5. Teknologi CRM terbaik bisa sangat membantu bisnis apapun. Beberapa aplikasi CRM Indonesia sekarang bisa diakses melalui perangkat BlackBerry dan smart phone lainnya. Vendor utama terus memperbarui perangkat lunak mereka dan meningkatkan layanan mereka. Ini adalah ide bagus untuk tetap semaksimal mungkin dalam hal teknologi CRM. Namun, selalu ingat untuk menyeimbangkan teknologi dengan customer service.

Customer Relationship Management bisa sangat bermanfaat bagi bisnis jika dilakukan dengan benar. Penting untuk selalu mengingat pelanggan kapan pun Anda menerapkan praktik CRM ke bisnis Anda. Ingat bahwa ada beberapa vendor CRM di luar sana, dan penting untuk memilih vendor yang terbaik untuk perusahaan Anda. Customer Relationship Management sepertinya merupakan ide yang sangat menakutkan bagi seseorang yang belum pernah menggunakannya sebelumnya, namun jika mengikuti langkah-langkah ini, Anda pasti akan melihat manfaat CRM yang membawa kesuksesan untuk perusahaan. Tertarik untuk mengenal lebih jauh tentang CRM? Silahkan hubungi Phincon untuk mendapatkan penjelasan dan bantuan lainnya.