Pada awalnya, sebuah website seperti resepsionis yang berada di meja depan perusahaan yang berfungsi untuk menyambut tamu memberikan kesan pertama yang baik. Jaman terus berkembang dan saat ini sudah dapat digunakan Web 2.0 dan website telah berevolusi untuk bisa digunakan untuk keperluan penjualan, pemasaran dan dukungan pelanggan perusahaan. Semua proses bisnis tersebut bisa dijalankan melalui website perusahaan.

Bagaimana caranya website bisa menghasilkan prospek?

Membangun leads online terdiri dari tiga langkah penting yaitu :
1. Kunjungan ke website.
2. Pengunjung membaca informasi dari website.
3. Pengunjung merasa tertarik untuk mengisi formulir dengan memberikan informasi kontak mereka.

Ketiga proses tersebut tidaklah mudah untuk didapatkan dan setiap perusahaan terus berjuang untuk menghasilkan lead berkualitas dan mengkonversinya menjadi pelanggan.

Pada artikel ini akan dijelaskan juga bagaimana solusi Customer Relationship Management (CRM) yang hebat dapat memberikan dukungan untuk perusahaan dalam mendapatkan leads.

Mengenal Formulir Web-to-Lead

Berbagai solusi CRM terbaik akan diarahkan pada organisasi berbasis penjualan, menawarkan alat canggih yang disebut dengan formulir web-to-lead. Intinya, formulir web adalah landing pages yang memberikan informasi kepada calon pelanggan potensial mengenai penawaran tertentu dan berisikan beberapa kolom pendaftaran untuk mendapatkan informasi kontak pribadi mereka. Begitu mereka mengisikan dan mengirimkan fomulir tersebut maka informasi kontak mereka secara otomatis dimasukan kedalam solusi CRM Indonesia sehingga bisa diambil kapan saja dengan cara yang mudah. Formulir pada landing page dapat disesuaikan dengan tampilannya sehingga terlihat serasi dengan keseluruhan situs web perusahaan dan dapat berupa kuesioner, survey atau formulir permintaan sederhana.

Apa manfaatnya formulir web-to-lead?

1.Mempercepat mendapatkan leads

Manfaat utamanya tentu saja untuk mempercepat proses mendapatkan leads secara online. Formulir tersebut akan membantu proses pengumpulan data menjadi lebih mudah dan cepat. Formulir tersebut akan mewajibakan pelanggan potensial untuk menjawab pertanyaan spesifik sebelum mengirimkan formulir. Melalui informasi tersebut maka perusahaan dapat menilai apakah individu tersebut sesuai dengan penawaran produk atau layanan mereka bahkan sebelum mereka mengangkat telepon untuk berbicara dengannya. Jika formulir tersebut mencakup sebanyak mungkin informasi tentang penawaran produk atau layanan perusahaan sehingga dapat menggantikan semua tahap siklus penjualan dan menghasilkan penjualan online yang cepat.

2.Kemudahan penggunaan
Kustomisasi bentuk web-to-lead membuatnya menjadi lebih mudah untuk dirancang dan tanpa memerlukan sumber daya IT yang ekstensif. Begitu formulir dibuat, informasi tersebut kemudian secara otomatis diupload ke dalam solusi CRM, yang juga berfungsi mengurangi waktu yang dihabiskan untuk melakukan pemasukan data secara manual dan untuk menghindari duplikasi. Kedua faktor ini juga bisa langsung berdampak ke dalam penghematan uang perusahaan. Perusahaan dapat menghabiskan lebih sedikit uang untuk menyewa administrator karena formulir dapat digunakan untuk mengumpulkan, memasukkan dan menggunakan informasi tentang calon pelanggan.

3.Pemasaran yang Dipersonalisasi dan Ditargetkan
Menggunakan formulir web juga membantu menciptakan lebih banyak upaya pemasaran yang ditargetkan dan dipersonalisasi. Ketika informasi yang dimasukkan dalam formulir secara otomatis dimasukkan ke dalam sistem CRM, informasi ini kemudian dapat dipecah dan digunakan untuk membuat pandangan yang ditargetkan dari prospek Anda. Misalnya, jika Anda membuat salah satu bidang formulir “Kota”, Anda kemudian dapat membuat kampanye pemasaran khusus untuk setiap kota tertentu yang prospek Anda berada. Dengan demikian, komunikasi Anda dengan prospek menjadi lebih relevan, spesifik dan bernilai, yang diharapkan akan mempercepat proses konversi dan menghasilkan lebih banyak pelanggan.

Sekarang situs web telah berevolusi untuk menjadi media penghasil lead potensial sehingga perusahaan perlu mendapatkan alat yang dibutuhkan untuk memanfaatkan sepenuhnya. Dengan bantuan solusi CRM dan fungsi form-to-lead-nya, perusahaan dapat membuat lead online menjadi tugas yang jauh lebih sederhana dan tidak menakutkan. Tidak hanya mereka dapat mengoptimalkan waktu dan uang yang dihabiskan untuk menarik dan mengubah prospek, namun mereka dapat memfokuskan kembali usaha pemasaran mereka untuk mendapatkan pelanggan sepanjang keseluruhan siklus penjualan.